Senin, 20 Maret 2017

Mengenal dextral tablet

Dextral Kaplet

Informasi obat kali ini akan menjelaskan jenis obat batuk dan pilek, yang diantaranya menjelaskan dosis obat, komposisi atau kandungan obat, manfaat atau kegunaan dan khasiat atau dalam bahasa medis indikasi, aturan pakai Dextral Kaplet, cara minum/makan atau cara menggunakannya, juga akan menerangkan efek samping atau kerugian, pantangan atau kontra indikasi serta bahayanya, over dosis atau keracunan, dan farmakologi serta meknisme kerja dan harga dari obat Dextral Kaplet, dan inilah penjelasannya:

DEXTRAL
GOLONGAN
Obat Bebas Terbatas

KANDUNGAN
Tiap kaplet : Dekstrometorfan HBr 10 mg, Fenilpropanolamin HCl 12,5 mg, Klorfeniramini Maleat 1 mg, Gliseril Guaiakolat 50 mg.

INDIKASI
Untuk meringankan batuk dan pilek.

KONTRA INDIKASI
Penderita yang peka terhadap obat simpatomimetik lain (misalnya Efedrin, Pseudoefedrin, Fenilefrin), penderita tekanan darah tinggi berat, dan yang mendapat terapi obat anti depresan tipe penghambat monoamin oksidase (MAOI).
Penderita dengan gangguan jantung dan diabetes melitus.

PERHATIAN
Tidak boleh diberikan pada penderita yang peka terhadap obat simpatomimetik lain (misalnya Efedrin, Pseudoefedrin, Fenilefrin), penderita tekanan darah tinggi berat, dan yang mendapat terapi obat anti depresan tipe penghambat monoamin oksidase (MAOI).
Tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan.
Hati-hati penggunaan pada penderita tekanan darah tinggi atau yang mempunyai potensi tekanan darah tinggi atau stroke, seperti pada penderita dengan berat badan berlebih atau penderita yang telah berusia lanjut.
Bila dalam 3 hari gejala tidak berkurang segera hubungi dokter atau unit pelayanan kesehatan.
Hentikan penggunaan obat ini jika terjadi susah tidur, jantung berdebar, dan pusing.
Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, dan retensi urin.
Tidak dianjurkan penggunaan pada anak berusia kurang dari 6 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter.
Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan atau menjalankan mesin.
Hati-hati penggunaan untuk penderita yang lemah dan hipoksia (kekurangan oksigen dalam jaringan).
Dapat menyebabkan depresi pernafasan dan susunan saraf pusat pada penggunaan dengan dosis besar atau pada pasien dengan gangguan fungsi pernafasan (misal : asma, emfesema). Hati-hati penggunaan bersamaan dengan obat lain yang menekan susunan saraf pusat.

EFEK SAMPING
Mengantuk, gangguan pencernaan, gangguan psikomotor, tekhikardia, aritmia, mulut kering, berdebar, retensi urin.

KEMASAN
Kaplet 15 x 10 biji.

DOSIS
Anak berusia 6-12 tahun : 3 kali sehari ½ kaplet.
Dewasa : 3 kali sehari 1 kaplet.

PENYAJIAN
Dikonsumsi bersamaan dengan makanan

PRINCIPAL
Molex Ayus Pharmaceutical.
 
Sumber : http://www.situsobat.com/2013/12/dextral-kaplet.html

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar !